Beberapa Hal Dasar Yang Perlu Dipahami Di Sketchup

Setiap kali membuat sebuah model di Sketchup Anda akan berhadapan dengan hal-hal yang mungkin Anda kira sepele. Namun, pemahaman yang mendalam mengenai fungsi akan sangat membantu dalam membuat aneka model mulai dari yang sederhana hingga rumit.

Proyeksi Parallel Versus Perspektif

Saat melihat model SketchUp, Anda akan berada dalam Proyeksi Paralel (garis paralel dalam 2D ​​dan 3D) atau tampilan Perspektif. Pengaturan model tersebut bisa Anda temukan di Menu Utama. Masing-masing proyeksi sebenarnya memiliki kegunaan tersendiri. Saat membuat model 3D seringkali saya memilih tampilan Perspektif dibandingkan Proyeksi Paralel. Namun, saat menggambar denah biasanya saya merubah pengaturan proyeksi saya ke Paralel.

Untuk mempercepat kerja saya sarankan meluangkan waktu membuat pintasan keyboard untuk tampilan ini. Caranya silahkan buka Window> Preferensi> Pintasan Keyboard. Anda dapat mencari perintah yang ingin Anda berikan pintasan. Sebagai contoh , saya akan mengaktifkan Proyeksi Paralel dan Perspektif, saya memilih untuk menggunakan V sebagai pintasan keyboard untuk berganti-ganti. Saya juga membuat pintasan untuk Tampilan Standar. Saya menggunakan Alt-T untuk tampilan atas, panah Shift-kanan untuk kanan, panah Shift-kiri untuk kiri, panah Shift-down untuk depan, dan panah Shift-up untuk belakang. Silahkan Anda menggunakan cara pintas yang Anda anggap sesuai.

Scene

Scene memberikan cara yang bagus untuk menangkap sebanyak mungkin tampilan yang disimpan dari model Anda sesuai keinginan. Dengan membuat scene, disimpan dengan parameter yang diinginkan , Anda dapat beralih dari berbagai tampilan model menggunakan tab scene.

Layer

Layers di SketchUp digunakan terutama untuk mengontrol visibilitas. Ringkasnya, menetapkan objek ke layer bisa membantu mengontrol visibilitas dan pengorganisasian. Bahasan mengenai layer ini bisa Anda dapatkan di. (Mengenal Fungsi Layer di SketchUp)


Kotak Pengukuran

Perhatikan kotak di sudut kanan bawah layar Anda. Ini dikenal sebagai Kotak Pengukuran (sebelumnya dikenal sebagai VCB — Kotak Kontrol Nilai). Di sinilah Anda dapat melihat serta memasukkan parameter. Nama kotak ini akan berubah tergantung pada apa yang Anda modelkan. Misalnya, jika Anda menggambar garis (dibahas di bawah), namanya akan berubah menjadi panjang. Sebagai catatan Anda tidak perlu mengklik di kotak Pengukuran untuk memasukkan nomor. Biasanya para pemula SketchUp sering berasumsi bahwa mereka perlu mengklik di kotak Pengukuran sebelum mereka dapat mulai mengetik. Mulailah mengetik, dan apa pun yang Anda ketik muncul di dalam kotak secara otomatis.

No comments for "Beberapa Hal Dasar Yang Perlu Dipahami Di Sketchup"

>

Berlangganan via Email