Membuat Model Simetris di Sketchup Menggunakan Teknik Pencerminan
Kali ini
belajarsketchup akan berbagi tip bagaimana cara mencerminkan
sebuah objek atau
geometri di SketchUp. Tips ini
akan sangat berguna khususnya saat kita harus membuat sebuah model yang
bentuknya simetris. Saat kita dituntut untuk lebih produktif dengan
keterbatasan waktu, mengetahui di mana, dan kapan, membuat cermin objek bisa
menghemat banyak waktu.
Selanjutnya kita akan
sama-sama belajar bagaimana cara mencerminkan sebuah obyek dengan menggunakan Perangkat
Scale, Move, serta Flip Along. Sebagai contoh kita akan membuat model sebuah TV tabung. Untuk membuat tv tabung kita akan mencoba menggunakan teknik pencerminan dengan hanya membuat separuh model saja lalu tinggal dicerminkan.
Cara mencerminkan geometri di
SketchUp menggunakan Perangkat Scale
Metode
ini paling banyak digunakan, cepat,
sederhana dan efektif dalam berbagai kondisi.
Obyek Yang Akan Dicerminkan |
Untuk
mencerminkan sebuah objek menggunakan Perangkat Scale, sebelumnya Anda perlu memilih objek, ini bisa berupa geometri
berdiri sendiri, geometri yang sudah dikelompokkan atau komponen.
Selanjutnya
Anda harus menyalin objek. Cara tercepat untuk menduplikasi ini adalah dengan
menggunakan CTRL + Move.
Obyek yang sudah dicopy |
Selanjutnya
pilih scale tool dan gunakan skala -1
kearah sumbu pencerminan.
Menggunakan Scale Tool |
Rapikan letak obyek dengan Move Tool
Cara mencerminkan geometri di
SketchUp menggunakan perintah Flip Along
Menggunakan perintah
Flip Along bahkan bisa lebih cepat. Cara membuat duplikat seperti di atas.
Terakhir pilih objek lalu klik kanan seanjutnya pilih Flip Along.
Gunakan Flip Along Red |
Diusahakan tutorial video nya kang
ReplyDeleteSabar ya gan masih cari waktu...
Delete