Tutorial SketchUp Cara Menggambar Model 3D Sederhana

Pada tutorial sebelumnya penulis sudah memaparkan kegunaan perangkat yang ada di SketchUp, cara mengatur program dan membuat gambar 2D. Kali ini penulis mengajak Anda lebih memahami belajar menggunakan tools yang ada lewat bantuan instructor.

Agar lebih memahami masing-masing tools dan seperti apa aplikasinya kali ini kita akan membuat model meja sederhana. Saya akan memandu Anda langkah demi langkah. Di masing-masing langkah Anda akan menjumpai aplikasi satu tool atau lebih.

Silahkan buka program Sketchup, bila Anda diminta memilih template, kali ini pilih saja "woodworking, milimeters" . Untuk menggambar model furniture saya biasa menggunakan template ini. Atau Anda bisa memilih template lain yang Anda sukai.

Setelah memilih template dan berada di area kerja utama, pastikan "Large Tool Set " aktif. Caranya pilih menu View ->Toolbars lalu tekan "Large Tool Set". Jika sudah ada tanda centang berarti sudah aktif. Tools ini biasanya muncul di sisi kiri Anda.

Langkah 1 - Menggambar Persegi Panjang


  • Untuk memulai memodelkan meja, pertama kita akan menggambar persegi empat. Anda bisa menggunakan tool line (L) atau Rectangle (R). Kita akan mencobanya satu satu.
  • Menggambar segi empat dengan tool line, ketik L atau klik tools line. Untuk mempermudah menggambar sebelum kita atur posisi obyek dilihat dari atas. Caranya masuk Camera -> Standard Views-> Top. 
  • Selanjutnya Klik di A, lalu klik di B, lakukan hal yang sama di C dan D. Jika semua tertutup akan membentuk sebuah muka dan berwarna kebiruan.
  • Gambar yang sudah Anda buat biarkan saja apa adanya. Selanjutnya kita akan membuat lagi segiempat menggunakan rectangle di samping segiempat pertama.
  • Untuk menggunakan tool rectangle ketik R. Klik sekali untuk mulai menggambar persegi panjang, tarik mouse Anda menjauh, lalu klik kedua kalinya untuk menyelesaikan bentuk persegi panjang.

Langkah 2 – Memeriksa Ukuran & Menghapus Obyek Tidak Terpakai



Tadi kita sudah menggambar 2 segiempat dengan ukuran bebas. Kali ini kita akan belajar menggunakan tool tape measurement untuk melihat apakah ukuran sudah sesuai atau belum. Tadi kita membuat 2 buah persegi panjang, karena hanya butuh satu saja maka kita akan menghapu segi empat di sebelah kanan.
  • Caranya pilih selection tool lalu klik satu titik di titik 1 lalu klik di titik 2. Untuk menghapus tekan delete atau menggunakan erase tool.
  • Selanjutnya pilih tape maesure tool.
  • Coba anda klik di A lalu klik lagi di B dan lihatlah di pojok kanan bawah.
  • Anda akan menjumpai dimensi yang tadi Anda ukur.
  • Segiempat diatas ukurannya belumlah sesuai.
  • Meja yang akan kita buat dimensinya 500x1000 mm dan tingginya 300 mm. Kita akan memperbaiki persegi panjang yang tadi kita buat menggunakan tool line.
  • Silahkan klik di A selanjutnya ketik 1000 dan diakhiri dengan enter.
  • Lanjutkan 500 dari B ke C, C ke D dan D ke A langkahnya sama.
  • Terakhir hapus bagian yang tidak terpakai menggunakan erase tool.
Langkah 3 - Navigasi


Setelah Anda membuat bentuk dasar, Anda pasti ingin untuk mengamati seluruh bagian model Anda untuk mendapatkan pandangan perspektif yang berbeda. Agar lebih jelas saya contohkan aplikasi pada sebuah model 3D yang sudah jadi. 

Gunakan scroll tengah mouse untuk mengaktifkan Orbit dan Zoom. Anda dapat melakukan ini kapan saja saat pemodelan, bahkan jika Anda berada di tengah-tengah menggunakan tool yang lain. Anda tidak perlu beralih tools untuk menavigasi, cukup klik dan tahan tombol scroll tengah untuk mengorbit. Anda juga dapat menggunakan menggulirkan scroll kedepan dan belakang untuk memperbesar dan memperkecil.
Ini merupakan alat navigasi dasar Anda. Anda akan sering menggunakan alat ini khususnya saat menggambar model yang sangat detail, jadi tak ada salahnya terus mencoba dan berlatih.

Langkah 4 - Membuat Obyek 3D dengan Push / Pull Alat


Menggunakan Rectangle tool dan line kita sudah memiliki bentuk datar persegi panjang bermuka tunggal. Untuk membuatnya menjadi objek 3D, kita bisa bisa menggunakan alat push / pull untuk membuat persegi panjang memiliki ketebalan.
  • Oh ya sebelumnya kita perlu merubah kenampakan gambar caranya pilih menu Camera -> Standard Views -> Iso.
  • Setelah merubah tampak gambar silahkan klik Push / Pull atau ketik (P), lalu arahkan kursor di atas permukaan persegi panjang. Anda akan menjumpai titik-titik kecil berwarna biru pada permukaan persegi panjang, ini menunjukkan jika Anda klik push / pull, bidang tersebut akan diekstrusi.
  • Langsung saja klik kiri permukaan persegi dan tarik ke atas. Perhatikan angka di pojok kanan bawah kita akan memberi ketebalan meja 10 mm. Anda bisa mengetik 10 lalu tekan enter. 
Langkah 5 - Membuat Grup

Segera setelah Anda membuat sebuah bentuk dasar dalam Sketchup, ada baiknya mengubahnya menjadi grup atau komponen. Langkah ini untuk memisahkan dengan obyek lain. Untuk sebuah model sederhana mungkin manfaatnya tak terasa namun untuk satu model rumit bakal terasa manfaatnya.


Untuk membuat grup, Anda perlu memilih dua atau lebih entitas (muka, atau tepi). Seleksi obyek yang sudah kita buat dengan menekan ctrl+A. Kemudian, klik kanan, dan pilih "Make Group".

Langkah 6 - Offset Membuat Apron

Setelah membuat grup, klik dua kali obyek tadi tujuannya untuk membuka grup dan mengeditnya. Jika Anda akan melihat kotak putus-putus di sekitarnya tandanya obyek tersebut aktif dan siap diedit. Bila grup sudah terbuka, apa pun yang Anda gambar akan berada dalam grup tersebut. Anda tidak akan dapat mempengaruhi segala sesuatu yang ada di luar grup kecuali Anda menutupnya dan memilih obyek lain di luar.

Dengan grup sekarang terbuka untuk mengedit, mari kita beralih ke Tool Offset (F) dan menciptakan persegi panjang lain untuk apron. Bagi Anda yang tidak tahu apa itu apron, panel kayu yang menghubungkan permukaan dan kaki meja atau kursi. Ia biasanya ditempatkan di sudut bawah dari meja atau kursi kursi. Apron juga digunakan pada bagian bawah lemari. Apron bisa memberikan sentuhan dekoratif dan pada saat yang sama memberikan dukungan struktural dan kekuatan.
  • Alat Offset menciptakan bentuk dengan menyalin garis yang sudah ada. Untuk memulai Offset, arahkan di atas permukaan obyek. Anda akan melihat titik merah pada garis permukaan yang ingin Anda beri perintah offset.
  • Lalu, klik sekali untuk memulai offset dan tarik ke dalam ketik 30 lalu enter. Sorot lagi kali ini arahkan pada persegi panjang yang dihasilkan dari perintah offset pertama. Lakukan seperti langkah tadi klik lalu ketik 10 dan enter.


Langkah 7 – Gunakan Push / Pull Untuk memberi ketebalan Apron


Berikutnya, aktifkan Push / Pull Tool lagi dan tarik apron oleh 80 akhiri dengan enter.Setelah Anda selesai, tutup grup dengan mengklik di mana saja di luar grup dengan terlebih dahulu memilih selection Tool atau ketik (Spasi). Klik kanan dan akan muncul close group.

Langkah 8 - Membuat Komponen Kaki Meja

Karena semua kaki meja ini bentuknya sama, kita hanya akan membuat satu saja, dalam bentuk komponen. Nanti kita copy untuk kaki yang lain. Mungkin ada yang bertanya kenapa harus komponen? Kenapa tidak group saja? Dengan menggunakan komponen, perubahan yang dibuat untuk salah satu kaki otomatis akan diikuti komponen lain yang sama di seluruh model. Jadi misalnya kita ingin mengubah ketinggian kaki meja, kita hanya perlu mengedit satu, bukan empat.
  • Baik, kita mulai membuat kaki meja dengan menggambar persegi berukuran 3x3 menggunakan rectangle tool (R).
  • Pilih segiempat yang baru saja dibuat dengan Pilih Tool (Spasi) dengan tiga kali klik.
  • Klik kanan, dan pilih "Make Component."
  • Ketika muncul Jendela "Make Komponen", yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan nama, pastikan mencentang "Replace Selection With The Component", dan klik "Make".
  • Selanjutnya klik komponen kaki meja lalu klik kanan dan pilih edit komponen.
  • Selanjutnya klik tool Push/Pull. Ekstrusi segiempat tersebut sejauh 300 mm.
  • Jika Sudah ketik esc untuk keluar dari komponen.
Langkah 9 - Copy Kaki Meja

Saat ini bahwa kita sudah membuat komponen kaki meja, selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menyalinnya ke setiap sudut meja. Aktifkan Move Tool (M), dan klik sudut luar kaki untuk memulai langkah ini.

Tekan (CTRL), untuk memberitahu Sketchup yang ingin Anda lakukan adalah membuat salinan, bukan memindahkan komponen asli.
Lakukan hal yang sama untuk sudut lainnya.

Langkah 10 – Menyeleksi Menjadi Grup dan Memutar Obyek


Setiap kali Anda membuat sebuah model yang perlu Anda ingat bahwa dalam sebuah model ada banyak grup dan komponen. Ada kalanya model tersebut kita gunakan di kemudian hari bergabung dengan model lain. Supaya tidak berceceran ada baiknya Anda selalu menyatukan model menjadi satu grup. Anda juga bisa memutuskan apakah Anda ingin membuat grup atau komponen.

  • Jika Anda berencana untuk membuat beberapa salinan dari meja yang sama, Anda harus menggunakan komponen. Jika tidak, menjadikan grup adalah satu langkah yang sangat tepat.
  • Untuk menyatukan meja menjadi satu grup Anda perlu menyeleksi semua obyek dan komponen yang ada. Caranya ctrl+A namun ini tak bisa digunakan jika ada obyek yang tidak kita pilih.
  • Cara lain klik kiri tiap obyek dan tahan tombol kiri mouse sambil menyeret kotak pembatas di sekitar item yang ingin Anda pilih. Selanjutnya klik kanan dan jadikan grup.
  • Untuk membalik obyek meja cara paling cepat adalah klik kanan obyek meja lalu pilih flip along -> Groups Blue. Selamat model meja Anda sudah jadi. 






1 comment for "Tutorial SketchUp Cara Menggambar Model 3D Sederhana"

Post a Comment

>