Skip to main content

7 Tips Ini Perlu Dikuasai Pengguna SketchUp (Bagian 2)



Kunci garis sumbu dengan tombol anak panah keyboard

 

Saat Anda mencoba menggambar garis atau memindahkan sesuatu, terkadang sulit memastikan ke arah yang Anda inginkan. Tetapi hanya dengan menekan salah satu tombol panah pada keyboard saat sedang memindahkan obyek, akan mengunci objek ke sumbu. Panah adalah sumbu biru, panah kiri adalah sumbu hijau, dan panah kanan adalah sumbu merah.


Gunakan beberapa langkah untuk pemindahan yang kompleks

Jika Anda mencoba memindahkan objek "ke bawah lalu ke kanan, dan sedikit ke arah belakang", kadang-kadang sulit untuk membuat Sketchup paham di mana tepatnya lokasi yang Anda inginkan. Salah satu trik yang benar-benar membantu adalah dengan hanya memikirkan langkah satu sumbu pada suatu waktu.

Pertama, memastikan ketinggian pada posisi yang benar. Selanjutnya kunci objek dengan sumbu biru, dan referensi titik lain atau menentukan jarak tertentu. Berikutnya, menyelaraskan sumbu hijau dan memindahkan objek, hingga sumbu merah. Melakukannya dalam tiga langkah yang terpisah memungkinkan Anda memastikan perpindahan secara tepat posisi obyek dalam model. Dengan cara ini Anda tak perlu menyelaraskan beberapa sumbu di saat yang sama.

Memilih Beberapa Entitas

Select Tool, jika Anda klik pada sebuah muka, itu akan menjadi obyek yang Anda pilih. Jika Anda ingin memilih muka dan garis tepi, hanya double klik. Untuk memilih semua entitas yang terhubung dari objek itu, tiga klik. Setiap kali Anda membuat grup baru, Anda bisa melakukan tiga klik untuk memilih semua geometri terhubung. Ingat bahwa jika Anda mencoba untuk memilih sesuatu yang dalam suatu kelompok, Anda perlu klik dua kali kelompok untuk membukanya terlebih dahulu.

Buat Garis Panduan dengan Tape Measure Tool

Setelah membuat  model dasar dalam Sketchup, Anda akan ingin mulai membuat hal-hal yang memiliki dimensi tertentu. Salah satu cara untuk referensi titik-titik tertentu dalam ruang adalah untuk menciptakan panduan. Untuk membuat panduan, klik pada tepi dengan Tape Measure Tool. Tarik mouse Anda keluar sepanjang sumbu dimana Anda ingin membuat panduan. Ingat Anda dapat mengunci sumbu menggunakan tombol panah lalu Ketik jarak garis panduan yang Anda inginkan.  Anda dapat membuat beberapa panduan berdekatan satu sama lain untuk referensi persimpangan mereka.

Jangan klik Value Control Box (VCB)



Ada sebuah kotak di sudut kanan bawah jendela Sketchup yang menunjukkan dimensi seperti Anda bekerja dengan alat yang berbeda. Banyak orang memiliki kecenderungan untuk berpikir bahwa ini adalah semacam command prompt yang dapat Anda klik di mengetik dimensi. Ini bukan. Itu hanya menunjukkan output dari dimensi yang berbeda saat Anda bekerja dengan mereka di Sketchup.

Saya tahu ini membingungkan karena kadang-kadang saya bahkan akan memberitahu orang-orang "Ketik dimensi Anda di VCB", yang secara teknis tidak akurat. Jadi, inilah apa yang dilakukannya; Jika Anda menggambar persegi panjang, Anda akan melihat ukuran persegi panjang muncul di VCB, secara aktif mengubah Anda meregangkan persegi panjang. Ini memberitahu Anda seberapa besar persegi panjang adalah seperti yang Anda membuatnya. Setelah Anda menyelesaikan persegi panjang, Anda dapat menentukan dimensi Anda sendiri, Anda bahkan tidak perlu klik apapun, cukup ketik dalam. Ex. 4 ', 58 "ENTER.

Referensi titik lain dalam model Anda

Anda dapat referensi bagian lain dari model Anda untuk menyelaraskan dua benda. Katakanlah Anda memiliki kursi dan meja di model Anda. Anda ingin bagian bawah meja dan kursi yang akan selaras pada bidang yang sama. Jadi, pertama-tama pilih kursi, kemudian klik move tool. Referensi bawah kursi untuk memulai memindahkan selanjutnya kunci dengan sumbu biru (Hit panah atas untuk mengunci sumbu biru), kemudian gerakkan mouse ke bawah meja untuk menyelesaikan. Ini sejalan kedua objek pada sumbu biru dalam hubungan dengan setiap titik Anda direferensikan untuk memulai dan mengakhiri bergerak.

Gunakan ShortcutKeyboard 

Sebagai pemula, mungkin Anda merasa terintimidasi di pikiran harus menghafal apa-apa. Tapi masalahnya adalah, Anda beralih alat begitu sering di Sketchup bahwa hal itu begitu mudah diingat mereka setelah Anda mulai menggunakan mereka. Ini hanya masalah memulai. 

Menggunakan shortcut keyboard menghemat sejumlah besar waktu di Sketchup. Pemodelan Anda akan mulai merasa jauh lebih alami, Anda bahkan tidak perlu berpikir tentang hal ini.

Mulailah dengan hanya belajar alat Pilih (Spasi), Rectangle Tool (R), dan Push / Pull Tool (P). Kemudian memperhatikan alat yang paling Anda gunakan, dan mencari jalan pintas. Mencetak panduan pintas saya untuk referensi cepat.

Comments

Popular posts from this blog

Beginilah Cara Memasukan Model Sketchup Ke Layout

Blog Belajar Sketchup rupanya mendapat respon yang sangat baik, hal ini bisa dilihat dari jumlah kunjungan perhari yang makin bertambah. Seiring dengan makin banyaknya pengunjung makin banyak pula pertanyaan yang masuk entah dari email, BB atau Whats App. Agar manfaatnya bisa dirasakan pembaca yang lain saya akan berusaha menjawab pertanyaan yang masuk.

Kali ini saya akan mengulas lagi bagaimana cara menggunakan Layout. Atau lebih khususnya cara memasukkan gambar dari Sketchup ke Layout. Untuk mendapatkan tampilan dari SketchUp ke Layout, semua yang Anda lakukan adalah memasukkan file SketchUp. Seperti ulasan saya pada artikel terdahulu ada dua langkah yang bisa digunakan yaitu dengan cara copy dari sketchup lalu langsung dipaste ke Layout atau membuka Sketchup dulu lalu membuat tampilan-tampilan (scene). Jika sudah siap tinggal memanfaatkan perintah Send To Lay Out.

Dari dalam Layout, Anda dapat memilih tampilan yang Anda sukai. Anda juga bisa menggunakan sebanyak mungkin tampilan d…

7 Tips Ini Perlu Dikuasai Pengguna SketchUp (Bagian 1)

Sketchup selama ini dikenal sebagai software pemodelan 3D yang mudah untuk dipelajari. Kenapa saya bilang mudah? Karena memang kenyataannya banyak orang, termasuk saya,bisa menguasai program ini tanpa manual untuk sekedar membuat gambar sederhana.
Tampilan antarmuka SketchUp yang cukup simpel memungkinkan orang mengamati tool yang ada, dan bisa mencoba satu persatu untuk mengetahui apa fungsinya. Misal saat ingin membuat persegi panjang kita mencari tool dengan gambar persegi panjang... kliklayar dan dengan cepat Anda menemukan cara menggambar sesuatu. Lalu ! Anda kemudian klik pada tombol dengan panah merah di atasnya (push / pull) dan jadilah model 3D pertama Anda di Sketchup.