Skip to main content

Teknik Membuat Arsiran Di Sketchup

Salah satu teknik yang perlu diketahui saat membuat sebuah gambar detail di Sketchup adalah membuat hatch (arsiran). Hatch adalah pola simbolis ditambahkan ke gambar untuk membantu mengidentifikasi bahan, benda, serta ruang. Mereka juga membantu menentukan bagian bidang yang dipotong. Selama beberapa dekade Arsitek telah melakukan hal ini, bahkan sebelum adanya CAD mereka membuat arsiran dengan tangan.

Kebanyakan pola hatch sudah distandarisasi, yang membuat mereka dipahami secara universal oleh siapa menafsirkan gambar Anda. Arsiran secara visual membantu mengidentifikasi daerah-daerah yang merupakan bahan atau benda dari daerah yang hanya ruang kosong.

Arsiran membantu membedakan antara jenis material. Misalnya, berbagai jenis kayu terlihat sangat mirip satu sama lain jika diberikan sebagai bahan realistis. Namun, jika Anda menggunakan arsiran untuk menentukan berbagai jenis bahan, akan lebih mudah dibedakan.

Arsiran membantu menentukan bidang pemotongan bagian. Arsiran cenderung berkomunikasi lebih baik ketika dicetak pada printer hitam putih, dibandingkan dengan mencetak bahan realistis diterapkan dari Sketchup. Plus, mereka menghemat tinta.

Ada beberapa trik di Sketchup yang telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menciptakan arsiran pada bagian bidang yang dipotong. Berikut ini Beberapa Cara Membuat Arsiran di Sketchup

The poché Effect

Trik ini dibuat dengan cara "mengisi" bagian yang Anda cut dengan warna hitam solid. Hal ini dilakukan dengan mengecat semua bagian dalam model dengan warna hitam, sehingga Anda tidak bisa membedakan wajah dari tepi. Hal ini memberikan ilusi bahwa bidang pemotongan diisi hitam.

Cara membuat efek poche hitam solid di SketchUp, tanpa mengubah model yang Anda buat.

1. Pilih Styles (Jika Anda menggunakan Sketchup terbaru ini ada di sisi kanan samping)

2. Klik pada tab Edit.

3. Klik Settings Wajah.

4. Klik pada Kembali Color.

5. Ubah Kembali Warna hitam dengan menyeret slider semua jalan ke bawah.

6. Klik Ok.

Arsiran Bagian Dalam

Trik ini sebenarnya sangat mirip dengan trik sebelumnya, namun caranya bukan mewarnai bagian dalam dengan warna hitam solid, namun menerapkan "Hatch" dengan memberi warna pada bagian dalam sebuah objek. Namun, ini hanya efektif saat melihat bagian potongan dalam mode ortografi dari perspektif paralel.

Membuat Group dari sebuah irisan

Saat membuat gambar potongan, klik kanan dan pilih "Buat Grup Dari potongan" Kemudian Anda bisa menambahkan muka pada potongan tersebut dengan membuat garis dengan menjiplak gambar dan menerapkan material Hatch (atau warna) ke permukaan tersebut. Nick Sonder adalah salah satu Arsitek ternama yang menggunakan teknik ini.

Hal yang sulit pada metode ini adalah Anda harus mengatur semua dari grup dan scene yang Anda buat, dan jika Anda mengubah model, Anda harus membuat potongan yang baru.

Comments

Popular posts from this blog

Beginilah Cara Memasukan Model Sketchup Ke Layout

Blog Belajar Sketchup rupanya mendapat respon yang sangat baik, hal ini bisa dilihat dari jumlah kunjungan perhari yang makin bertambah. Seiring dengan makin banyaknya pengunjung makin banyak pula pertanyaan yang masuk entah dari email, BB atau Whats App. Agar manfaatnya bisa dirasakan pembaca yang lain saya akan berusaha menjawab pertanyaan yang masuk.

Kali ini saya akan mengulas lagi bagaimana cara menggunakan Layout. Atau lebih khususnya cara memasukkan gambar dari Sketchup ke Layout. Untuk mendapatkan tampilan dari SketchUp ke Layout, semua yang Anda lakukan adalah memasukkan file SketchUp. Seperti ulasan saya pada artikel terdahulu ada dua langkah yang bisa digunakan yaitu dengan cara copy dari sketchup lalu langsung dipaste ke Layout atau membuka Sketchup dulu lalu membuat tampilan-tampilan (scene). Jika sudah siap tinggal memanfaatkan perintah Send To Lay Out.

Dari dalam Layout, Anda dapat memilih tampilan yang Anda sukai. Anda juga bisa menggunakan sebanyak mungkin tampilan d…

7 Tips Ini Perlu Dikuasai Pengguna SketchUp (Bagian 1)

Sketchup selama ini dikenal sebagai software pemodelan 3D yang mudah untuk dipelajari. Kenapa saya bilang mudah? Karena memang kenyataannya banyak orang, termasuk saya,bisa menguasai program ini tanpa manual untuk sekedar membuat gambar sederhana.
Tampilan antarmuka SketchUp yang cukup simpel memungkinkan orang mengamati tool yang ada, dan bisa mencoba satu persatu untuk mengetahui apa fungsinya. Misal saat ingin membuat persegi panjang kita mencari tool dengan gambar persegi panjang... kliklayar dan dengan cepat Anda menemukan cara menggambar sesuatu. Lalu ! Anda kemudian klik pada tombol dengan panah merah di atasnya (push / pull) dan jadilah model 3D pertama Anda di Sketchup.

7 Tips Ini Perlu Dikuasai Pengguna SketchUp (Bagian 2)

Kunci garis sumbu dengan tombol anak panah keyboard Saat Anda mencoba menggambar garis atau memindahkan sesuatu, terkadang sulit memastikan ke arah yang Anda inginkan. Tetapi hanya dengan menekan salah satu tombol panah pada keyboard saat sedang memindahkan obyek, akan mengunci objek ke sumbu. Panah adalah sumbu biru, panah kiri adalah sumbu hijau, dan panah kanan adalah sumbu merah.