Skip to main content

Menggambar Model 2D di SketchUp


Pada posting sebelumnya saya telah mengulas Sketchup mulai dari pengenalan, cara instalasi, mempersiapkan sketchup untuk pertama kali, hingga tools dasar yang dimiliki. Aplikasi dari posting  sebelumnya, kali ini kita akan mencoba menyiapkan bidang gambar untuk membuat gambar 2D.
Model 2D
Gambar Denah Rumah

Sebelum menggunakan SketchUp untuk menggambar rencana 2D, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengatur sudut pandang. Saat membuat model 2D akan lebih mudah melihat bidang gambar dari atas. Perlu juga kita pastikan tidak melihat hal-hal dalam perspektif, yang mendistorsi pandangan dari fakta yang sebenarnya.

Pendekatan seperti ini jika Anda menggunakan SketchUp Pro akan sangat bermanfaat saat mengimpor dari software lain seperti AutoCAD atau Vectorworks. Impor bentuk 2D dari software lain  ini akan mempermudah saat membuatnya menjadi model 3D.

Untuk membuat sebuah model 2D sederhana ikuti langkah-langkah sederhana berikut:

Buat file SketchUp baru

Tampilan awal saat membuka Sketchup bergantung template yang telah Anda tetapkan untuk dibuka ketika Anda membuat file SketchUp baru. (Baca : cara menjalankan program Sketchup). Bisa saja tampilan yang Anda miliki sudah 2D.
Coba amati, jika Anda melihat sumbu merah dan hijau pada latar belakang putih, Anda dapat melewatkan Langkah 2. (Perlu diingat, Anda selalu dapat beralih template dengan memilih Help, Selamat Datang di SketchUp dan mengklik Template bagian dari kotak dialog yang muncul).


Perhatikan garis merah dan hijau yang menandakan bidang gambar pada posisi top view

Pilih Camera, Standard, Top

Langkah ini akan mengubah sudut pandang Anda, sehingga Anda langsung melihat bidang gambar dari atas.

Pilih Camera, Proyeksi Paralel

Beralih dari Perspektif ke Parallel Proyeksi membuatnya lebih mudah untuk membuat model 2D. Pada titik ini, window  model Anda akan terlihat seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Jangan ragu untuk menghapus Steve. Garis diagonal kecil yang terlihat di jendela pemodelan Anda ketika Anda berada di Top pandangan adalah pandangan atas Steve - orang 2D yang muncul dalam setiap file SketchUp baru Anda buat. Untuk menghilangkan Steve, klik kanan dan pilih Erase.

Penulis adalah alumni Jurusan Teknik Sipil& Lingkungan Fakultas Teknik UGM. Berbagai artikel penulis dari beragam topik dan tentu saja Kumpulan Tips & Tutorial Sketchup bisa anda dapatkan di Blog Fathoni Arief : www.fathoniarief.blogspot.com. 

Comments

Popular posts from this blog

Beginilah Cara Memasukan Model Sketchup Ke Layout

Blog Belajar Sketchup rupanya mendapat respon yang sangat baik, hal ini bisa dilihat dari jumlah kunjungan perhari yang makin bertambah. Seiring dengan makin banyaknya pengunjung makin banyak pula pertanyaan yang masuk entah dari email, BB atau Whats App. Agar manfaatnya bisa dirasakan pembaca yang lain saya akan berusaha menjawab pertanyaan yang masuk.

Kali ini saya akan mengulas lagi bagaimana cara menggunakan Layout. Atau lebih khususnya cara memasukkan gambar dari Sketchup ke Layout. Untuk mendapatkan tampilan dari SketchUp ke Layout, semua yang Anda lakukan adalah memasukkan file SketchUp. Seperti ulasan saya pada artikel terdahulu ada dua langkah yang bisa digunakan yaitu dengan cara copy dari sketchup lalu langsung dipaste ke Layout atau membuka Sketchup dulu lalu membuat tampilan-tampilan (scene). Jika sudah siap tinggal memanfaatkan perintah Send To Lay Out.

Dari dalam Layout, Anda dapat memilih tampilan yang Anda sukai. Anda juga bisa menggunakan sebanyak mungkin tampilan d…

7 Tips Ini Perlu Dikuasai Pengguna SketchUp (Bagian 1)

Sketchup selama ini dikenal sebagai software pemodelan 3D yang mudah untuk dipelajari. Kenapa saya bilang mudah? Karena memang kenyataannya banyak orang, termasuk saya,bisa menguasai program ini tanpa manual untuk sekedar membuat gambar sederhana.
Tampilan antarmuka SketchUp yang cukup simpel memungkinkan orang mengamati tool yang ada, dan bisa mencoba satu persatu untuk mengetahui apa fungsinya. Misal saat ingin membuat persegi panjang kita mencari tool dengan gambar persegi panjang... kliklayar dan dengan cepat Anda menemukan cara menggambar sesuatu. Lalu ! Anda kemudian klik pada tombol dengan panah merah di atasnya (push / pull) dan jadilah model 3D pertama Anda di Sketchup.

7 Tips Ini Perlu Dikuasai Pengguna SketchUp (Bagian 2)

Kunci garis sumbu dengan tombol anak panah keyboard Saat Anda mencoba menggambar garis atau memindahkan sesuatu, terkadang sulit memastikan ke arah yang Anda inginkan. Tetapi hanya dengan menekan salah satu tombol panah pada keyboard saat sedang memindahkan obyek, akan mengunci objek ke sumbu. Panah adalah sumbu biru, panah kiri adalah sumbu hijau, dan panah kanan adalah sumbu merah.