Skip to main content

Mengenal Tool Dasar Pada Sketchup

Sebelum memulai menggambar sebuah model, ada baiknya belajar dasar sketchup. Kita perlu memahami satu persatu tool yang dimiliki oleh Sketchup. Perangkat lunak pemodelan 3D ini memiliki tool dasar yang bakal sering Anda gunakan setiap kali membuat sebuah model.

Berikut ini tool yang ada pada Sketchup:

Rec : Tool ini digunakan untuk menggambar persegi panjang di sebuah bidang. Cara menggunakannya mulailah dengan mengklik sebuah titik menjadi sudut awal dan diagonal dari persegi panjang akan mengikuti kursor. Klik lagi untuk melepaskan titik kedua. Untuk menggambar dengan dimensi yang tepat, mulai dengan mengklik titik awal, kemudian ketik "x, y" unit untuk dimensi lalu tekan "enter." Tahan "shift" untuk menggambar persegi yang presisi.

Circle : Anda bisa menggambar lingkaran pada sebuah bidang menggunakan tool ini. Mulailah dengan mengklik setiap titik menjadi pusat lingkaran dan jari-jari akan mengikuti kursor. Klik lagi untuk melepaskan titik. Untuk menggambar dimensi yang tepat, mulai dengan mengklik titik awal, kemudian ketik "r" unit untuk radius dan tekan enter. (Catatan ini bukan untuk menggambar elips tapi lingkaran.

Polygon : Menggambar segi banyak yang teratur di sebuah bidang. Mulailah dengan mengklik setiap titik menjadi pusat poligon. Kemudian ketik jumlah sisi Poligon Anda inginkan. Jari-jari ke puncak poligon akan mengikuti kursor Anda. Kemudian ikuti petunjuk yang sama untuk menggunakan alat Lingkaran.

Arc : Menggambar busur di bidang. Mulailah dengan mengklik untuk menetapkan dua titik akhir segmen garis, maka besarnya tikungan akan mengikuti kursor Anda. Klik lagi untuk melepaskan.

Push/Pull : Mengkonversi permukaan 2D ke dalam bentuk 3D dengan "menekan" dan "menarik" permukaan dalam arah tegak lurus terhadap sebuah bidang. Mulailah dengan mengklik permukaan. Ekstrusi akan mengikuti kursor Anda. Klik untuk melepaskan dan menciptakan bentuk solid. Untuk mendorong / menarik dengan dimensi yang tepat, klik permukaan dan mengambil kursor ke arah yang Anda inginkan, kemudian ketik "d" unit.

Move : Memindahkan objek dengan mengklik dan objek akan mengikuti kursor Anda. Untuk memindahkan objek ke tempat yang tepat, Anda dapat mengetikkan "d" unit setelah mengklik objek dan mengambil kursor ke arah yang ingin dipindahkan. Atau, Anda dapat menggunakan kursor untuk mengambil obyek ke titik objek lainnya.

Rotate : Putar obyek. Mulailah dengan mengklik pusat rotasi dan klik lagi untuk membentuk garis nol derajat. Objek kemudian akan rotasi pada pusat sebagai garis sudut kedua mengikuti kursor Anda. Klik lagi untuk melepaskan. Untuk memutar dimensi yang tepat, ketik "r" dalam derajat dan tekan "enter."

Scale : obyek skala. Tempatkan kursor di atas objek dan tarik "handle" akan muncul. Klik dan ketik skala obyek yang diperlukan. Tahan "shift" untuk mempertahankan proporsi. Untuk skala objek untuk rasio yang tepat, mulai dengan mengklik pegangan, dan masuk dalam "r" untuk rasio, lalu tekan "enter."

Tape Measure : Gunakan untuk menggambar panduan yang membantu proses pemodelan.

Untuk menarik garis konstruksi tak terbatas: Mulailah dengan mengklik sembarang titik pada garis (baik dari sumbu atau dari objek) dan tak terbatas konstruksi garis sejajar dengan garis Anda klik akan mengikuti kursor Anda. Klik untuk merilis lini atau masukkan jarak yang tepat dari garis.

Untuk menggambar segmen panduan dan titik: Mulailah dengan mengklik titik akhir atau sudut dan garis panduan segmen akan mengikuti kursor Anda. Klik untuk melepaskan atau masukkan jarak yang tepat dari titik untuk menarik segmen panduan. Panduan titik kemudian akan muncul.

Eraser : Gunakan tool ini untuk menghapus garis, guideline, atau sebuah obyek. Klik dan seret untuk menghapus.

Rotate : Gunakan untuk mengorbit ke sekeliling benda yang Anda buat. Gunakan hanya jika Anda tidak menggunakan mouse. Sebaliknya,jika menggunakan mouse klik roda gulir pada mouse untuk mengorbit.


Penulis adalah alumni Jurusan Teknik Sipil& Lingkungan Fakultas Teknik UGM. Berbagai artikel penulis dari beragam topik dan tentu saja Kumpulan Tips & Tutorial Sketchup bisa anda dapatkan di Blog Fathoni Arief : www.fathoniarief.blogspot.com.

Comments

Popular posts from this blog

Beginilah Cara Memasukan Model Sketchup Ke Layout

Blog Belajar Sketchup rupanya mendapat respon yang sangat baik, hal ini bisa dilihat dari jumlah kunjungan perhari yang makin bertambah. Seiring dengan makin banyaknya pengunjung makin banyak pula pertanyaan yang masuk entah dari email, BB atau Whats App. Agar manfaatnya bisa dirasakan pembaca yang lain saya akan berusaha menjawab pertanyaan yang masuk.

Kali ini saya akan mengulas lagi bagaimana cara menggunakan Layout. Atau lebih khususnya cara memasukkan gambar dari Sketchup ke Layout. Untuk mendapatkan tampilan dari SketchUp ke Layout, semua yang Anda lakukan adalah memasukkan file SketchUp. Seperti ulasan saya pada artikel terdahulu ada dua langkah yang bisa digunakan yaitu dengan cara copy dari sketchup lalu langsung dipaste ke Layout atau membuka Sketchup dulu lalu membuat tampilan-tampilan (scene). Jika sudah siap tinggal memanfaatkan perintah Send To Lay Out.

Dari dalam Layout, Anda dapat memilih tampilan yang Anda sukai. Anda juga bisa menggunakan sebanyak mungkin tampilan d…

7 Tips Ini Perlu Dikuasai Pengguna SketchUp (Bagian 1)

Sketchup selama ini dikenal sebagai software pemodelan 3D yang mudah untuk dipelajari. Kenapa saya bilang mudah? Karena memang kenyataannya banyak orang, termasuk saya,bisa menguasai program ini tanpa manual untuk sekedar membuat gambar sederhana.
Tampilan antarmuka SketchUp yang cukup simpel memungkinkan orang mengamati tool yang ada, dan bisa mencoba satu persatu untuk mengetahui apa fungsinya. Misal saat ingin membuat persegi panjang kita mencari tool dengan gambar persegi panjang... kliklayar dan dengan cepat Anda menemukan cara menggambar sesuatu. Lalu ! Anda kemudian klik pada tombol dengan panah merah di atasnya (push / pull) dan jadilah model 3D pertama Anda di Sketchup.

7 Tips Ini Perlu Dikuasai Pengguna SketchUp (Bagian 2)

Kunci garis sumbu dengan tombol anak panah keyboard Saat Anda mencoba menggambar garis atau memindahkan sesuatu, terkadang sulit memastikan ke arah yang Anda inginkan. Tetapi hanya dengan menekan salah satu tombol panah pada keyboard saat sedang memindahkan obyek, akan mengunci objek ke sumbu. Panah adalah sumbu biru, panah kiri adalah sumbu hijau, dan panah kanan adalah sumbu merah.