Skip to main content

Cara Menyajikan Animasi Sederhana Desain Sketchup

Salah satu hal yang saya sukai dari SketchUp adalah kemampuannya untuk menampilkan presentasi sebuah gambar/desain yang cukup interaktif dan mudah dibuat. Presentasi tak hanya berupa gambar diam saja tapi juga berupa animasi sederhana yang disajikan dengan simpel dan cepat.



Menggabungkan beberapa view dalam scene yang berbeda untuk membuat animasi merupakan sebuah cara yang menarik untuk memamerkan model SketchUp Anda. Ide dasarnya Anda menggunakan scene untuk membuat animasi di mana sebuah bidang bergerak di dalam model Anda. Berikut adalah beberapa alasan Anda mungkin ingin menggunakan teknik ini:


  • Jika Anda memiliki sebuah gedung dengan beberapa tingkatan, Anda dapat membuat presentasi animasi yang menunjukkan pandangan rencana potongan dari setiap tingkat.
  •  Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk membuat animasi yang menggambarkan situasi dalam model Anda.
  •  Anda juga bisa membuat animasi yang membantu menjelaskan konsep views arsitektur yang berbeda untuk pemula dalam bentuk 3D.


Contoh dari animasi sederhana yang saya maksud bisa Anda lihat pada video di bawah ini. Animasi ini adalah presentasi desain dari sebuah conveyor belt dari seorang klien saya. Meskipun cukup simpel namun bisa memberi gambaran bagaimana bentuk jadinya nanti.



Lalu bagaimana cara membuatnya? Untuk membuatnya ikuti langkah berikut ini :
  • Buka Menu, View, lalu pilih Add Scene
  • Ubah view model (bisa menggunakan orbit) lalu ulangi langkah di atas untuk scene yang berbeda 
  • Anda juga bisa menambahkan gambar potongan caranya dengan membuka menu tools lalu pilih section plane (pembahasan mengenai section plane akan saya berikan pada artikel tersendiri)
  • Jika scene yang Anda tampilkan dirasa sudah cukup untuk melihat seperti apa animasi yang Anda buat buka view, animation, play.
  • Selanjutnya untuk menyimpan dalam bentuk film animasi sederhana pilih file, export, animation, video dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Comments

Popular posts from this blog

Beginilah Cara Memasukan Model Sketchup Ke Layout

Blog Belajar Sketchup rupanya mendapat respon yang sangat baik, hal ini bisa dilihat dari jumlah kunjungan perhari yang makin bertambah. Seiring dengan makin banyaknya pengunjung makin banyak pula pertanyaan yang masuk entah dari email, BB atau Whats App. Agar manfaatnya bisa dirasakan pembaca yang lain saya akan berusaha menjawab pertanyaan yang masuk.

Kali ini saya akan mengulas lagi bagaimana cara menggunakan Layout. Atau lebih khususnya cara memasukkan gambar dari Sketchup ke Layout. Untuk mendapatkan tampilan dari SketchUp ke Layout, semua yang Anda lakukan adalah memasukkan file SketchUp. Seperti ulasan saya pada artikel terdahulu ada dua langkah yang bisa digunakan yaitu dengan cara copy dari sketchup lalu langsung dipaste ke Layout atau membuka Sketchup dulu lalu membuat tampilan-tampilan (scene). Jika sudah siap tinggal memanfaatkan perintah Send To Lay Out.

Dari dalam Layout, Anda dapat memilih tampilan yang Anda sukai. Anda juga bisa menggunakan sebanyak mungkin tampilan d…

7 Tips Ini Perlu Dikuasai Pengguna SketchUp (Bagian 1)

Sketchup selama ini dikenal sebagai software pemodelan 3D yang mudah untuk dipelajari. Kenapa saya bilang mudah? Karena memang kenyataannya banyak orang, termasuk saya,bisa menguasai program ini tanpa manual untuk sekedar membuat gambar sederhana.
Tampilan antarmuka SketchUp yang cukup simpel memungkinkan orang mengamati tool yang ada, dan bisa mencoba satu persatu untuk mengetahui apa fungsinya. Misal saat ingin membuat persegi panjang kita mencari tool dengan gambar persegi panjang... kliklayar dan dengan cepat Anda menemukan cara menggambar sesuatu. Lalu ! Anda kemudian klik pada tombol dengan panah merah di atasnya (push / pull) dan jadilah model 3D pertama Anda di Sketchup.

7 Tips Ini Perlu Dikuasai Pengguna SketchUp (Bagian 2)

Kunci garis sumbu dengan tombol anak panah keyboard Saat Anda mencoba menggambar garis atau memindahkan sesuatu, terkadang sulit memastikan ke arah yang Anda inginkan. Tetapi hanya dengan menekan salah satu tombol panah pada keyboard saat sedang memindahkan obyek, akan mengunci objek ke sumbu. Panah adalah sumbu biru, panah kiri adalah sumbu hijau, dan panah kanan adalah sumbu merah.