Membuat Model 3D Kandang Hewan Peliharaan

Dengan menggunakan berbagai fitur SketchUp, Anda bisa menghasilkan sebuah model 3D dalam waktu singkat.  Kali ini kita akan mencoba membuat model 3D sebuah rumah anjing. Meskipun bentuknya sederhana Anda bisa mempelajari membuat beberapa hal mulai dari pintu hingga atap.


Bagaimana cara menggambarnya? Silahkan ikuti langkah demi langkah berikut ini :

  1. Buka program Sketchup Anda. Seharusnya Anda bisa melihat deretan alat bantu di bagian atas jendela pemodelan, orang kecil, serta tiga sumbu pemodelan berwarna (merah, hijau, dan garis biru).
  2. Hapus orang kecil di layar Anda. Caranya menggunakan Select tool , klik gambar orang kecil untuk memilihnya lalu pilih Edit, Hapus. Cara yang lebih mudah Anda bisa menggunakan erase tool.
  3. Pilih Camera, Views Standard, Iso. Langkah ini untuk mengubah pandangan model Anda ke isometrik (3D). Pengaturan ini memungkinkan Anda membuat sesuatu tanpa perlu "bergerak."
  4. Gambarlah persegi panjang di bidang gambar menggunakan rectangle tool. Caranya klik sekali untuk menempatkan salah satu sudut di sisi kiri layar Anda. Selanjutnya  klik lagi untuk menempatkan sudut berlawanan di sisi kanan layar Anda.
  5. Ingatlah bahwa Anda sedang dalam 3D, perspektif, pandangan dunia, sehingga persegi panjang Anda terlihat lebih seperti berlian - sudut 90 derajat tidak terlihat seperti sudut 90 derajat dalam perspektif.
  6. Gunakan tool Push / Pull mengekstrude persegi panjang menjadi dalam kotak. Klik persegi panjang sekali untuk memulai operasi push / pull. Klik lagi, di atas persegi panjang Anda, untuk menghentikan mendorong / menarik.
  7. Hingga saat ini, Anda harusnya memiliki sesuatu yang tampak seperti ini; jika Anda tidak, gunakan Push / Pull lagi untuk membuat kotak Anda terlihat tentang ketinggian yang tepat.
  8. Jika Anda melakukan kesalahan saat menggunakan push tool tinggal pilih Edit, Undo dan terus berjalan.
  9. Selanjutnya gambarlah beberapa garis diagonal untuk atap Anda. Klik sekali pada titik tengah dari bagian atas muka depan kotak Anda untuk memulai baris Anda. Klik lagi suatu tempat di sepanjang salah satu tepi sisi wajah depan kotak Anda untuk mengakhiri baris Anda.
  10. Ulangi dua langkah sebelumnya untuk menarik garis yang sama (tapi berlawanan) dari titik tengah ke tepi di sisi lain dari muka.
  11. Buat kemiringan atap dengan Push / pull.  Pilih alat Push / Pull dan kemudian klik kanan wajah segitiga sekali untuk memulai push / pull operasi.
  12. Gerakkan kursormu ke kanan untuk mendorong segitiga. Klik lagi (pada segitiga) untuk mengakhiri operasi push / pull dan membuat wajah segitiga menghilang.
  13. Masih menggunakan Push alat / Pull, klik dua kali wajah segitiga kiri untuk mengulang push sebelumnya / menarik operasi, membuat wajah yang hilang juga.
  14. Gambarlah persegi panjang pada muka depan model Anda. Kembali ke Rectangle tool dan gambar persegi panjang di bagian kotak Anda.
  15. Gambar busur di atas persegi panjang baru saja dibuat. Klik pojok kiri atas persegi panjang untuk menempatkan satu titik akhir dari busur Anda. Klik pojok kanan atas persegi panjang untuk menempatkan titik akhir lain dari busur Anda.
  16. Pilih alat Eraser lalu klik garis horizontal antara persegi panjang dan busur untuk menghapus garis.
  17. Buatlah lubang pintu. Gunakan Push / Pull tool untuk membuat lubang "pintu". 
  18. Selesaikan dan rapikan model Anda hingga seperti gambar di bawah ini.



Comments